ANALISIS 5W1H




Perancangan Aplikasi Pintar Mata Pelajaran
Di Gorut




     Analisis masalah Menggunakan 5w+1H

1.      What
Perancangan aplikasi pintar merupakan aplikasi berbasis website yang memiliki fitur-fitur seperti materi belajar, unduh materi, upload materi, materi belajar dalam bentuk video, latihan soal, permainan, status peserta didik dan percakapan secara langsung (online) antara guru, siswa dan orang tua atau wali siswa. Aplikasi pintar dapat memudahkan guru memaksimalkan proses pembelajaran dan memudahkan orang tua atau wali siswa memantau status anaknya.
2.      Who
Perancangan aplikasi pintar digunakan oleh guru, siswa dan orang tua atau wali siswa untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Perancangan aplikasi pintar dapat memberikan informasi tentang status akademik dan non akademik siswa di sekolah yang dapat dilihat secara langsung oleh guru dan orang tua atau wali siswa dalam bentuk laporan siswa. Aplikasi pintar memungkinkan guru untuk memberikan perhatian kepada siswanya baik secara individu maupun kelompok. Bagi siswa yang menggunakan aplikasi pintar dapat menghubungkan dengan sosial media yang di milikinya untuk membagikan peringkat dalam permaianan atau latihan soal yang disediakan.
3.      Why
Proses belajar mengajar yang bersifat konvensional, bahwa proses belajar mengajar antara siswa dan guru hanya dilakukan dengan terjadinya pertemuan antara siswa dan guru di dalam kelas. Jika guru yang bersangkutan tidak hadir dan waktu pembelajaran yang dibatasi oleh pihak sekolah, maka secara otomatis proses pembelajaran pun terhambat.
4.      When
Perancangan aplikasi pintar digunakan saat siswa dan guru melakukan interaksi belajar baik di kelas maupun diluar kelas. Perancangan aplikasi dapat digunakan oleh orang tua siswa atau wali siswa saat orang tua siswa ingin mengetahui laporan hasil belajar siswa.
5.      Where
Aplikasi pintar dan website dapat diakses dimana saja selama perangkat atau gadget yang digunakan terkoneksi dengan internet. Aplikasi pintar menggunakan koneksi GPRS/HSDPA atau Wifi sebagai media konektivitasnya. Aplikasi pintar juga dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Misalnya, guru ingin menunjukkan contoh langsung dari materi pemeblajaran, guru dapat memberikan referensi yang akurat tanpa harus di lakukan di dalam kelas.
6.      How
Aplikasi pintar yang  menggunakan interface menarik, interaktif dan mudah digunakan mendukung proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan untuk dilakukan. Ketersediaan menu-menu tambahan yang dapat meningkatkan motivasi belajar mengajar akan memaksimalkan hasil pembelajaran yangingin dicapai. Aplikasi pintar dapat dijadikan media diskusi tamabahan oleh siswa untuk membahas materi pelajaran yang belum tuntas serta dapat mengerjakan soal-soal latihan berupa pilihan ganda dan uraian. Guru dapat menggunakan aplikasi pintar sebagai media untuk mengumpulkan tugas-tugas yang dirikan kepada siswa.

Comments

Popular posts from this blog

DIAGRAM BERJENJANG & DATA FLOW DIAGRAM

DIAGRAM CONTEX

RANCANGAN DESAIN BANNER WEBSITE